Sentral Kerajinan Marmer Tulungagung

 Sentral Kerajinan Marmer Tulungagung

Pada jaman dulu batu andesit ini digunakan untuk pembuatan candi, piramida, punden batu, dan lainnya. Untuk bahan marmer tulungagung sendiri, kami menggunakan batu kali yang juga masuk ke dalam batuan andesit. Batu kali asli yang diambil langsung dari sunga-sungai besar di beberapa daerah. Paling banyak digunakan untuk kerajinan yang bersifat outdoor, karena tahan terhadap kondisi lingkungan seperti hujan dan panas. Batu kali yang memiliki tekstur yang sangat keras, membutuhkan tenaga dan waktu yang ekstra untuk pembuatannya. Batu granit merupakan batu istimewa selanjutnya yang termasuk ke dalam jenis batu marmer tulungagung. Batu yang memiliki kerekatan serat dalam yang sangat padat sehingga batu ini sangatlah keras. Di Tulungagung sendiri menggunakan 2 jenis batu granit yang sangat populer untuk semua bahan kerajinan. Yaitu jenis batu granit black nerro dan jenis batu granit impala. Batu granit black nerro yang memiliki warna batu hitam pekat polos tanpa ada serat atau motif batu sedikitpun. Dan granit jenis impala yang memiliki motif batu bintik-bintik mirip dengan pasir.

Kerajinan Marmer Tulungagung



Selain menggunakan batu marmer untuk pembuatan kijing makam, batu granit merupakan batu yang cocok selanjutnya. Makam granit juga banyak diminati oleh masyarakat karena kualitas batu tersebut. Batu granit jenis impala dan granit jenis black nerro. Produk selanjutnya yang masuk ke dalam kategori jenis marmer tulungagung adalah produk makam custom. Merupakan sambungan dari makam standart, makam custom ini merupakan makam marmer dan granit dengan model dan ukuran custom sesuai dengan kebutuhan customer. Pembuatan makam untuk muslim dan kristen, kijing makam marmer dengan model unik dan istimewa. Customer yang membawa designya sendiri harus menampilkan bentuk makam dengan jelas, bukan hanya itu saja. Detail ukuran yang diinginkan pun harus jelas agar dipahami oleh tukang sehingga menjadikan kijing makam sesuai dengan yang diharapkan. Makam marmer dan makam granit dibuat sesuai keinginan dengan detail pahatan yang apik . Customer juga bisa memesan ukuran lebih besar atau lebih kecil sesuai dengan lahan makam yang ada. Produk kerajinan yang termasuk dalam marmer tulungagung adalah nisan atau maisan. 

Kerajinan Marmer Tulungagung

Kerajinan Marmer Tulungagung
Kerajinan Marmer Tulungagung


Beberapa produk kerajinan marmer yang dipajang adalah : vas bunga marmer, asbak marmer, kinangan onix, buah set marmer, dan kerajinan kecil lainnya. Kota-kota yang menjadi incaran dalam pembuatan showroom tersebut adalah kota besar pilihan. Diantaranya adalah : Denpasar, Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Jogjakarta. Pemasaran melalui internet ini yang sampai saat ini masih dilakukan. Karena dengan berkembangnya tekhnologi memudahkan masyarakat yang berada di luar daerah untuk membeli berbagai macam produk marmer tulungagung. Dengan adanya internet inilah perkembangan dari pemasaran produk melonjak drastis. Sangat memudahkan bagi kami untuk memasarkan, dan juga memudahkan customer untuk bertransaksi. Tidak perlu lagi datang ke Tulungagung untuk membeli kebutuhan dari batu marmer, cukup menghubungi contac person dari setiap perusahaan marmer. Pemasaran melalu internet ini menjadi pemasaran yang paling utama sampai saat ini digunakan. Mudahnya menggunakan internet dengan berbagai platform yang digunakan. Banyak cara atau media yang digunakan, tergantung dari perusahaan tersebut. Memang sangat mudah dengan adanya tekhnologi ini sehingga menjadikan para pengrajin marmer tulungagung lebih berkembang.


Sama-sama menguntungkan dengan metode ini. Dan yang terakhir melalui franchise. Franchise memang sudah banyak digeluti oleh para pengusaha-pengusaha, dan yang paling banyak adalah di bidang kuliner. Bekerjasama dengan banyak orang untuk membangun frindchise diseluruh wilayah Indonesia. Memudahkan untuk pengiriman barang, jadi untuk pengiriman tidak langsung dari kota kami. Karena sudah ada franchise di kota-kota anda. Dengan begitu, bisa lebih mengangkat brand kami dengan menjadikan dekat dengan masyarakat luas. Kami sebagai pemilik perusahaan akan terus menyetok barang untuk kebutuhan franchise yang didirikan di berbagai daerah. Tahun 2021, menjadi tahun awal untuk pembuatan e-katalog. Dengan terus berkembangnya tekhnologi yang semakin pesat, menjadikan semua perusahaan terus meng-upgrade cara-cara bisnis mereka sendiri. Dari kami, UD. BINTANG ANTIK SEJAHTERA. Salah satunya yaitu dengan pembuatan e-katalog yang akan memudahkan anda untuk mengenal semua produk kami. Semua produk dirangkum sedemikian rupa seperti yang sudah kami bahas diatas. Menjadikan banyak kategory produk kerajinan, memudahkan para customer untuk pembelian kebutuhan mereka, memilah dan memilih produk apa saja yang diperlukan.

produk kerajinan marmer

Dikerjakan langsung oleh para pengrajin handal dan profesional, pengrajin pertama asal Tulungagung. Seiring berjalannya waktu, cara pemasaran yang dilakukan oleh para pengrajin marmer tulungagung semakin berkembang. Sudah semakin mengenal kecanggihan tekhnologi sehingga memudahkan untuk mejajakan pasar-pasar yang lebih luas. Diantaranya lewat iklan video dan Televisi. Iklan video yang dibuat awal dulu cukup sederhana, video dengan durasi pendek mengenalkan produk-produk yang sudah dibuat, juga proses pengerjaan yang dilakukan secara bertahap. Juga pemasaran melalui televisi daerah pada jaman tersebut. Cara ini cukup berhasil mengenalkan kerajinan ke banyak daerah, customer dari luar kota banyak yang berbondong-bondong ke tempat kami untuk sekedar belanja produk daerah bahan batu marmer. Setelah berhasil dengan pemasaran melalui video iklan dan juga televisi. Para pengrajin tidak berhenti di situ saja. Terus memutar otak untuk mengenalkan produk lokal marmer tulungagung ke kancah yang lebih luas. Salah satunya melalui pameran antar kota. Dengan membuka showroom di daerah lain, untuk mengenalkan produk unik kami.

Banyak customer yang membawa design mereka sendiri untuk dikerjakan, harus sesuai dengan permintaan model serta ukuran yang dibawa. Semua tukang marmer dan pengerajin marmer tulungagung dituntut lebih profesional dalam bidangnya masing-masing. Dampak yang ada dalam dekade ini adalah : kualitas pengerjaan semua kerajinan semakin bagus, variasi design yang tidak terbatas, pengadaan bahan baku import, semakin canggih tekhnologi yang digunakan. Disisi lain tentang pemasarannya. Bukan hanya di pasarkan dengan showroom-showroom saja, namun sudah menggunakan tekhnologi internet yang mempermudah dalam penjualan. Dengan sedikit penjabaran tentang sejarah perkembangan marmer Tulungagung ini, semoga bisa manjadikan pembelajaran. Bahwasanya proses yang dijalani oleh para tukang terdahulu bukan perkara yang mudah, butuh perjuangan yang teramat keras sehingga sampai dengan sekarang. Saat ini banyak jenis batu yang masuk untuk pilihan kerajinan customer. Sebelum menjadi yang sekarang, masih ada perjuangan satu perjuangan yang dilewati. Yaitu cara pemasaran. Mulai dulu hingga sekarang akan kami ceritakan atau sedikit kami jabarkan sejarah pemasaran yang telah dilakoni oleh para pengrajin dari Tulungagung ini.

Sejarah perkembangan kerajinan marmer

Sejarah perkembangan kerajinan marmer ini terdiri dari beberapa dekade yang akan kami bahas ringkas agar khalayak umum juga mengetahui perkembangan sejarah marmer asli kota kami. Yaitu diawali di tahun 1967, yang masih berkutat pada pemanfaatan traso sebagai bahan dari kerajinan. Butiran kecil atau limbah marmer yang berbentuk butiran halus dari marmer ukuran besar. Pada dekade ini seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Pembuatan berbagai kerajinan seperti halnya pot bunga, makam, campuran lantai dinding, nisan, bak mandi, menggunakan traso sebagai pembuatan kerajinan tersebut. Pada tahun tersebut masyarakat menggunakan teknik manual, belum ada tekhnologi belah batu atau penggergajian. Di tahun ini juga cara membelah batu hanya menggunakan alat sederhana, yaitu betel dan palu besar. Cara pembelahannya pun dilakukan dengan dipukul secara berulang-ulang. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan ukuran batu yang diinginkan. Di generasi kedua dalam perkembangan sejarah marmer ini ditandai dengan tekhnik pengolahan marmer yang lebih berkembang, yaitu degan adanya mesin bubut marmer.



Next Post Previous Post



Untuk pemesanan produk dengan model, bahan dan ukuran diluar yang sudah kami sediakan silahkan hubungi kami.


ALFINA
Jl. Kanigoro Gg 4 No. 36 Dsn. Blumbang, Ds. Campurdarat, Kec. Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur 66272