Contoh Kerajinan Patung Adalah Patung Para Pahlawan

 Contoh Kerajinan Patung Adalah Patung Para Pahlawan

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Banyak warisan leluhur kita yang memiliki nilai seni yang tinggi. Salah satunya adalah Kerajinan Patung. Kita ketahu pada candi borobudur dan candi prambanan akan kita jumpai Kerajinan Patung yang memukau, padahal pada zaman dahulu peralatan yang digunakan cukup sederhana namun sudah bisa menghasilkan karya yang begitu berkualitas. Itu baru 2 candi, padahal di berbagai wilayah Indonesia memiliki candi-candi sebagai peninggalan sejarah. Sebagaimana kita mengetahui bahwa Indonesia pada zaman dahulu merupakan kerajaan-kerajaan baik kecil maupun besar seperti kerajaan Majapahit, kerajaan kediri, kerajaan Sriwijaya, kerajaan Banten dan masih banyak lagi. Bahkan hingga saat ini masih ada kerajaan yang tergabung dalam wilayah NKRI yaitu kesultanan Yogyakarta (kerajaan Mataram) yang saat ini lebih dikenal dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari peninggalan berbagai kerajaan diatas tentu akan kita dapati sebuah karya seni Kerajinan Patung. 

Contoh Kerajinan Patung Adalah Patung Para Pahlawan
Contoh Kerajinan Patung Adalah Patung Para Pahlawan

Contoh Kerajinan Patung Adalah Patung Para Pahlawan
Contoh Kerajinan Patung Adalah Patung Para Pahlawan



Namun pada umumnya Kerajinan Patung peninggalan sejarah tersebut banyak yang terbuat dari bahan batu atau kayu. Kerajinan Patung merupakan sebuah karya seni dalam bentuk objek 3D yang menggambarkan sesuatu. Contoh Kerajinan Patung adalah patung para pahlawan seperti Ir. Soekarno-Hatta, patung Ki Hajar Dewantara, patung Diponegoro, patung Imam Bonjol, dan masih banyak lagi. Kerajinan Patung juga bisa dalam bentuk hewan seperti burung cendrawasih, macan kumbang, kuda, dan masih banyak lagi. Kerajinan Patung juga bisa berupa bentuk abstrak. BINTANG ANTIK SEJAHTERAsampai saat ini juga menerima pesanan kerajinan patung, namun material yang digunakan bukan batu atau kayu melainkan logam tembaga dan kuningan. Jika anda menginginkan Kerajinan Patung dari tembaga dan kuningan maka BINTANG ANTIK SEJAHTERAadalah pilihan yang tepat karena BINTANG ANTIK SEJAHTERAtelah berpengalamana lebih dari 24 tahun dalam bidang kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan termasuk kerajinan patung dari tembaga dan kuningan. Ingin mengetahui Kerajinan Patung hasil karya BINTANG ANTIK SEJAHTERA


Patung Naga Marmer Putih


Salvador - Di pesisir timur laut Brasil, terdapat sebuah kota tua yang dulu jadi ibukota perdagangan Amerika Selatan. Namanya Kota Salvador, yang punya 365 gereja. Satu gereja untuk 1 hari tiap tahunnya! Salvador adalah nama ibukota Provinsi Bahia, Brasil. Pada 1985, kawasan Old Town (Kota Tua) Salvador dicanangkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Ini karena Salvador menjadi pusat perdagangan di masa lampau, serta disebut-sebut sebagai kota asal budaya Brasil. Dari pantai berpasir putih sampai deretan bangunan bersejarah, Salvador menyuguhkan banyak suguhan seru untuk wisatawan. Namun yang unik, kota ini punya gereja berjumlah 365. Jumlah yang sama dengan total hari dalam 1 tahun. Mengutip situs Discover Brazil, Selasa (14/4/2015), gereja itu dibangun agar penduduk beribadah di tempat berbeda setiap harinya. Banyak gereja yang berusia lebih dari 300 tahun, antara lain A Igreja de Nossa Senhora do Rosario dos Pretos, O Irmandade de Nossa Senhora do Rosario dos Homens Pretos do Pelourinho, juga Nossa Senhora do Rosario. Gereja-gereja ini dibangun antara tahun 1685-1780. 

Salah satu gereja yang jadi favorit wisatawan adalah A Igreja de Sao Francisco (The Church of Saint Francis), yang terletak di kawasan Old Town. Gereja yang dibangun pada 1686 ini menghadap langsung alun-alun Praca Anchieta. Bagian dalam gereja ini tampak sangat mewah, dengan ornamen ukiran berwarna emas. Aneka bentuk patung menghiasi dinding dan langit-langit. Dindingnya terbuat dari marmer, dan lantainya dari keramik. Sangat mewah dan cantik! Tak heran, banyak wisatawan yang penasaran dan mengunjungi Salvador untuk berkeliling gereja cantik. Agama Katholik ratusan tahun lalu dibawa oleh orang Portugis dan Candomble (orang Afrika yang dulunya adalah budak). Perpaduan budaya juga menghasilkan Capoeira, olahraga gabungan tari dan bela diri.

Pengrajin Patung Marmer


Juga Ernest Douwes Dekker sangat mengagumi karena pemikirannya yang sangat terbuka dalam memperjuangkan bangsanya. Kartini memang tidak hanya memperjuangkan emansipasi wanita. Tetapi persamaan hak itu hanyalah pintu gerbang bagi pembangunan peradaban sebuah bangsa yang merdeka. Bangsa yang bisa menentukan dirinya sendiri, bangsa yang tidak terjajah. Kartini, sejak suratnya yang pertama ditulis memang sudah mulai mengungkapkan tentang kondisi bangsanya sebagai orang terjajah yang tentu serba tertindas. Bahkan ketika Stella menanyakan “Besarkah kekuasaan ayahmu? ”, dengan singkat Kartini menjawab dalam suratnya tanggal 12 Januari 1900: “Apa arti kekuasaan itu sebenarnya? Pengaruh besar memang ada pada ayah. Tetapi kekuasaan hanya ada pada yang menjajah”. Pernyataan singkat itu mengisyaratkan betapa ketidaksukaan Kartini terhadap penjajah. Dia memang tidak memilih melakukan perlawanan dengan senjata. Namun ketajaman pena dan nalar berfikirnya justru memiliki pengaruh besar hingga mampu menjadi Penyulut Api Nasionalisme Indonesia. 

Pokok-pokok pikiran itu dapat kita baca dan kita runtut dari surat-suratnya yang sangat panjang mulai tahun 1899-1904. Bahkan 8 tahun sebelum Boedi Oetomo menemukan momentum Kebangkitan Nasional 20 Mei 1908, Kartini telah menyampaikan dan memperjuangkan gagasan tentang nasionalisme, kebangsaan dan juga persatuan dan kesatuan bangsa. Jauh sebelum Jong Java dideklarasikan tahun 1915 dengan nama Tri Koro Dharmo, pada tahun 1903 Kartini telah menyebut Jong Java dalam suratnya kepada Ny. “Kami sudah mendapatkan banyak pengikut. Angkatan muda kita sudah mendukung sepenuhnya. Jong Java akan membangun persatuan dan sudah tentu kami menggabung. Karena itu memahami RA. Kartini hanya sebagai pejuang emansipasi, tentu kurang tepat. Sebab senyatanya yang dilakukan jauh lebih besar. R.A. Kartini layak disebut sebagai Ibu Nasionalisme Indonesia, bukan sekedar dianggap sebagai pendekar kaum wanita.

Pemikiran Kartini dan konsep perjuangan yang diterbitkan oleh Mr. J.H Abendanonn dalam buku Door Duisteris Tot Licht atau Habis Gelap Terbitlah Terang disambut hangat oleh kalangan mahasiswa Indonesia yang sekolah di jantung kolonialisme, Belanda. Mereka bergabung dalam perhimpunan Indische Vareeniging. Para pemuda terpelajar dari Hindia Belanda ini sangat kagum dalam pemikiran Kartini sehingga ketika mereka telah mendapatkan buku Door Duisteris Tot Licht, pada tanggal 24 Desember 1911, mereka langsung mengadakan rapat khusus. Tujuannya untuk menghormati Kartini dan sekaligus membahas tindakan apa yang akan dilakukan oleh mereka. 

Mereka juga merencanakan mendirikan patung Kartini dari marmer. Namun usulan ini ditolak oleh Sosrokartono, kakak kandung Kartini yang juga merupakan pendiri Indische Vareeniging. Ketua Indische Vereeninging, Notosuroto sangat menganggumi spirit perjuangan Kartini. Ia juga memuji kesediaan Kartini untuk menerima panggilan jaman, membangun peradaban bangsa Bumi Putera. Ia juga menilai semangat kebangsaan dan nasionalisme Kartini sangat luar biasa, luas dan terbuka. Kartini tidak memuji kebaikan bangsanya, tetapi ia juga secara terbuka memuji kebaikan bangsa lain.

Karena itu secara aklamasi perkumpulan mahasiswa Indische Vereeniging, menerima gagasan-gagasan, pemikiran dan konsep perjuangan Kartini sebagai Richtsnoer atau pedoman resmi bagi perkumpulan ini. Kelak Indische Vereeniging tahun 1924 diganti dengan nama Perhimpunan Indonesia yang menjadi salah satu pelopor utama pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sementara di tanah air terbitnya buku ini disambut hangat oleh para tokoh pergerakan. Bahkan pada tanggal 24 Mei 1912, di surat kabar milik Dr Douwes Dekker, De Express, dr. Cipto Mangunkusumo menulis dan menyatakan, tiap halaman surat Kartini tertuang keinginan, harapan dan perjuangan untuk mengajak bangsanya bangun dari tidurnya yang panjang yang telah beratus-ratus tahun. Bukan hanya dr Tjipto Mangunkusomo, RM. Suwardi Suryoningrat juga sangat mengagumi konsep pendidikan yang dituangkan Kartini dalam surat-suratnya dan juga tuntutannya pada pemerintah Hindia Belanda. Konsep pendidikan budi pekerti dan juga peraduan antara kecerdasan dan ketrampilan yang digagas oleh RA Kartini, kelak akan menjadi bagian dari konsep pendidikan yang dikembangkan oleh RM. Suwardi Suryoningrat yang kemudian lebih dikenal sebagai Ki Hajar Dewantoro.

Patung juga biasanya digunakan sebagai kerajinan. Patung sebagai kerajinan merupakan patung yang memiliki bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan pasar. Hal tersebut dilakukan untuk menghasilkan nilai jual yang tinggi untuk berbagai kebutuhan secara umum atau tidak spesifik. Patung arsitektur merupakan pantun yang memiliki fungsi sebagai penunjang dan pelengkap sebuah konstruksi dalam sebuah bangunan. Patung ini biasanya memang digunakan untuk melengkapi rencanakan yang sudah disesuaikan dengan memakai desain arsitektur. Perpaduan patung dan arsitektur akan menghadirkan nuansa yang harmonis dan memiliki kesan estetik yang tinggi. Patung Seni atau fine art merupakan fungsi patung yang biasanya digunakan untuk kepentingan estetik. 

Tidak hanya itu, patung seni juga tidak memiliki kepakeman bentuk, alhasil seniman patung bisa melakukan eksperimen agar patung seninya dapat menjadi karya seni yang bernilai tinggi. Patung religi biasanya digunakan untuk acara peribadatan atau pemujaan oleh para pemeluk agama. Patung religi memiliki fungsi untuk memenuhi unsur kepercayaan atau keyakinan setiap pemeluk agama maupun kepercayaan. Oleh karena itu, patung religi merupakan sebuah media atau sarana untuk meningkatkan rasa religius setiap orang. Perpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

Oleh karena itu, patung jenis ini biasanya berada di tempat berkumpulnya orang banyak, misalnya seperti di dalam ruangan atau luar ruangan. Patung hiasan memiliki bentuk yang sangat beragam, mulai dari bentuk manusia, binatang, dan lain sebagainya. Bentuk patung tersebut juga dapat disesuaikan dengan keinginan para seniman patung atau juga biasanya mengikuti keinginan dari para kolektor. Patung dengan jenis ini, biasanya tidak digunakan sebagai satu konstruksi pada suatu bangunan. Nah, apabila ada orang yang ingin memesan, bisa melakukan pemesanan kepada para pengrajin patung atau berburu di pameran patung yang menyelenggarakan pelelangan. 

Berikutnya, adalah patung yang memiliki karakteristik dengan keindahan dan estetikanya yaitu patung arsitektur. Patung arsitektur sangat disukai oleh banyak orang, terlebih lagi mereka yang memang menyukai seni. Patung arsitektur biasanya memiliki fungsi sebagai penunjang konstruksi dari sebuah bangunan. Hal itulah yang membuat patung jenis ini sangat mudah dijumpai di berbagai tempat. Patung arsitektur dapat dengan mudah dijumpai di tempat bersejarah dengan konstruksi bangunan yang unik seperti bangunan Candi Borobudur dan Candi Prambanan.
Next Post Previous Post



Untuk pemesanan produk dengan model, bahan dan ukuran diluar yang sudah kami sediakan silahkan hubungi kami.


ALFINA
Jl. Kanigoro Gg 4 No. 36 Dsn. Blumbang, Ds. Campurdarat, Kec. Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur 66272