Sebuah Panduan Untuk Parquete Laminate Floor

Sebuah Panduan Untuk Parquete Laminate Floor

Parquete Mozaik
Parquete Mozaik

Dinding dan lantai adalah dua elemen bangunan yang mendominasi keseluruhan bangunan. Banyak orang memilih untuk memfokuskan dekorasi bangunan pada kedua elemen tersebut. Terdapat banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk menghias dinding dan lantai, salah satunya dengan menggunakan keramik. Keramik yang umumnya digunakan adalah keramik lembaran polos, namun keramik mozaik juga dapat menjadi pilihan tepat untuk dekorasi rumah. Keramik mozaik tersedia dalam beragam kombinasi warna, tekstur, dan pola yang menarik dan dapat mempercantik tampilan bangunan Anda. Jenis keramik ini umumnya digunakan sebagai elemen dekoratif rumah, atau sebagai hiasan di bidang-bidang tertentu seperti dinding kamar mandi, dinding meja dapur dan bagian kepala tempat tidur. Sebelum memasang keramik mozaik, persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu keramik mozaik yang besarnya sesuai dengan bidang yang akan dipasangi keramik, campuran semen, pengisi nat, alat perata semen, sendok semen, ember untuk semen, sikat berbahan nilon, papan triplek untuk meratakan susunan mozaik, kain lap, dan air secukupnya.

Pastikan bidang yang akan dipasangi keramik mozaik sudah rata dengan sempurna dan tidak terdapat gelombang, kemudian bersihkan permukaan sampai bersih dan bebas dari kotoran. Bidang yang rata dan bersih dapat mempermudah proses pemasangan keramik mozaik serta membuat hasil pasangan keramik lebih kuat dan tahan lama. Setelah persiapan selesai dilakukan, baurkan campuran semen secara merata ke permukaan bidang yang akan dipasangi keramik mozaik. Lapisan semen ini tidak perlu terlalu tebal, hanya sekitar 1-2 cm seperti saat memasang keramik biasa. Setelah campuran semen terbaur merata, letakkan lembaran keramik mozaik yang Anda inginkan di atas campuran semen. Apabila bidang pemasangan menggantung atau vertikal, berilah pengganjal untuk menahan keramik agar tidak lepas dan terjatuh selama proses pengeringan. Setelah keramik mozaik diletakkan di atas semen, tekan permukaan keramik mozaik dengan papan triplek agar keramik merekat dengan semen secara merata, lalu lanjutkan memasang lembaran keramik mozaik lainnya sampai seluruh bidang tertutup sempurna. Gunakan papan triplek yang lebih besar untuk meratakan ketinggian lembaran-lembaran keramik yang telah dipasang agar tidak terlihat berantakan.

Cara Pemasangan Parquete Mozaik

Lantai Mozaik
Lantai Mozaik
 
Setelah seluruh bidang terpasang rata, biarkan semen mengering selama sekitar 1-2 hari. Jika semen sudah mengering, isilah celah antara lembaran keramik mozaik dengan pengisi nat. Pengisian nat tidak perlu terlalu tebal dan rata dengan permukaan keramik karena akan merusak tampilan keseluruhan keramik, sebaiknya bagian celah antar lembaran keramik dibuat sedikit cekung. Setelah nat terisi, diamkan selama 30 menit lalu bersihkan keramik mozaik dengan lap basah. Kemudian biarkan nat mengering sempurna selama minimal 2 jam, dan sikat permukaan mozaik menggunakan sikat berbahan nilon. Bersihkan sisa nat yang masih menempel pada keramik mozaik dengan alat pengikis semen, dan pemasangan keramik mozaik pun selesai dipasang. Selain cara pemasangannya yang cukup mudah, keramik mozaik juga memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Jenis keramik ini mudah dipotong dengan gunting untuk menyesuaikan bidang, karena alas susunan keramik mozaik berupa jaring. Varian warna dan pola yang disediakan pun beragam, dari bentuk geometris, huruf, sampai motif abstrak. Keramik mozaik juga memiliki daya serap air yang rendah, sehingga mudah untuk dibersihkan dan tahan terhadap perubahan cuaca. Agar keramik mozaik lebih kuat dan tahan lama, jangan lupa gunakan semen berkualitas premium yang telah teruji kualitasnya.

Keunikan dari jenis keramik ini menjadikannya diminati oleh banyak kontraktor, atau bahkan untuk rumahan. Tampilan yang tidak sama dengan keramik yang lain membuat keramik mozaik lebih menarik. Namun, dalam penggunaannya, biasanya keramik mozaik tidak dipakai untuk lantai. Mozaik disebut lebih elegan jika dipasang pada kitchen set atau kamar mandi. Idealnya, keramik mozaik memang diaplikasikan untuk dinding kitchen set. Hal ini dikarenakan keramik tersebut mempunyai permukaan yang halus sehingga mudah dalam hal perawatan. Ketika ada minyak, saus, atau kotoran yang menempel, keramik mozaik cukup dibersihkan dengan sabun atau lap saja, sehingga lebih menghemat waktu serta biaya. Keramik tersebut juga dapat menyulap tampilan kitchen set menjadi lebih menarik dan lebih atraktif. Kesan itulah yang sangat ditonjolkan saat diaplikasikan pada desain interior rumah anda. Untuk aplikasi di dapur, beberapa inspirasi dari keramik mozaik yang bisa Anda gunakan sebagai berikut. Motif bunga dan digunakan untuk menghias area backsplash. Motif bunga ini bisa membuat dapur Anda memiliki kesan yang akrab dan berseni tinggi.

Namun, ketika Anda memutuskan untuk menggunakan keramik mozaik pada dinding kamar mandi, hal yang perlu diperhatikan adalah kebersihannya. Ada baiknya, jika sehabis mandi, Anda selalu menyiram keramik mozaik tersebut, karena agar kotoran tidak menempel pada mozaik tersebut. Jika dibandingkan dengan jenis lain, harga keramik mozaik memang relatif lebih mahal, namun ini sebanding dengan daya tarik serta kualitas yang dibawa. Harga dari keramik mozaik ini sendiri bervariasi tergantung pada merek dan motifnya. Harga keramik mozaik di atas mengalami perubahan hampir setiap tahun. Tercatat pada 2019, harga keramik mozaik paling murah dibanderol mulai Rp29.490 untuk tipe Zehn Lng11 Purple ukuran 30 x 30 cm. Sedangkan untuk keramik mozaik paling mahal dibanderol mulai Rp1.499.900 untuk tipe Venus Mosaic Indigo Gold dengan ukuran yang sama. Sedangkan untuk tipe standar seperti keramik Eleganza Black Matte ukuran 324 x 284 mm dibanderol seharga Rp40.300 . Harga tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko furniture dan situs jual beli online. Harga keramik mozaik tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk memperoleh informasi lebih detail, Anda bisa langsung menuju toko lantai terdekat di kota Anda.

Macam Teknik Pemasangan Parquete Mozaik

Motif Parquete Mozaik
Motif Parquete Mozaik
 
Sesuaikan warna furnitur atau peralatan makan dengan warna coklat keramik supaya tampilannya semakin memukau dan serasi. Inspirasi dapur dengan keramik mozaik simpel ini membawa tema netral yang terkesan soft, cocok untuk Anda yang menginginkan dapur sederhana yang tidak berwarna-warni. Keramik mozaik tidak melulu untuk menghias area backsplash. Anda pun bisa menggunakannya pada permukaan meja dapur ataupun meja makan. Tidak perlu membuat motif yang rumit, cukup tempelkan potongan kecil keramik aneka warna. Lengkapi dengan nat berwarna putih untuk nuansa yang lebih ceria. Penataan keramik ini bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus mencari keramik jadi dari produsen. Gunakan pecahan dari keramik-keramik sisa pribadi yang warna-warni. Jika Anda bosan dengan keramik mozaik yang bentuknya kotak dan persegi panjang, Anda bisa mencoba keramik dengan bentuk menyerupai segitiga dengan ujung membulat. Warnanya sangat cantik karena menggunakan perpaduan biru tua, biru muda, dan putih. Ukurannya pun beragam sehingga tampilannya menjadi lebih menggemaskan dan tidak monoton. Tak hanya untuk dinding kitchen set, namun dinding kamar mandi dapat juga menggunakan mozaik.

Untuk mendapatkan keramik mozaik motif ini, Anda tidak perlu bersusah payah menyusun potongan-potongan keramiknya sendiri. Anda bisa berkonsultasi dengan perajin untuk membentuk pola bunga sesuai dengan keinginan Anda. Bagi Anda yang ingin kesan sederhana di dalam dapur, cobalah menggunakan keramik mozaik yang terdiri dari kumpulan potongan keramik berukuran panjang. Perpaduan warna hitam, putih, dan biru akan membuat dapur terlihat lebih fresh dan terang. Agar tidak monoton, Anda bisa menggunakan keramik beraneka ukuran. Ingin menampilkan karakter dapur yang modern dan minimalis? Coba gunakan keramik mozaik bentuk segi enam pada area backsplash dapur milik Anda. Warna putih akan menguatkan karakter minimalis dan tampak harmonis dengan furnitur dapur. Tidak melulu harus menggunakan beraneka warna untuk membentuk mozaik. Warna kontras seperti hitam dan putih cukup untuk membentuk keramik mozaik, asalkan dipasang mengikuti pola yang Anda inginkan. Untuk Anda yang menginginkan dapur bergaya tradisional dan juga vintage, keramik motif dan warna cokelat bisa menjadi pilihan yang oke.

Next Post Previous Post



Untuk pemesanan produk dengan model, bahan dan ukuran diluar yang sudah kami sediakan silahkan hubungi kami.


ALFINA
Jl. Kanigoro Gg 4 No. 36 Dsn. Blumbang, Ds. Campurdarat, Kec. Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur 66272