Tipe Nisan Makam Bongpay Cina Keturunan Tionghoa

TIPE NISAN MAKAM BONGPAY CINA KETURUNAN TIONGHOA 

Jika dibandingkan dengan marmer bahan granit ini penggunaannya jauh lebih awet. Karena batu granit juga merupakan jenis batu unggulan. Di perusahaan kami yaitu UD. Bintang Antik Sejahtera selalu mementingkan kualitas dan kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu kami juga bekerja dengan para tukang-tukang kami yang sudah sangat berpengalaman dibidang mereka masing-masing. Dengan keahlian tersebut mereka bisa membuat kerajinan dengan hasil maksimal dan tentunya juga sangat memuaskan. Selain dari pada pengrajin yang berpengalaman kami disini juga memiliki staff-staff yang juga berpengalaman dan profesional. Para staff kami akan memlayani opesanan anda dengan ramah dan juga profesional. Karena sistim penjualan yang kami terapkan yaitu dengan sistim penjualan online. Maka anda dapat memesan kerajinan dari kami secara online. Jika anda ingin secara khusus datang langsung ketempat kami anda dapat mengikuti google map yang sudah tertera pada web. Anda juga dapat melihat secara langsung kualitas dari kerajinan yang pernah kami buat jika anda langsung berkunjung ke tempat kami.

Bongapay Cina
Bongpay Cina

Bongapay Cina
Bongapay Cina

Kerajinan Makam Bongpay | Jual Kerajinan Makam Bongpay - Bongpay merupakan makam atau nisan khas dari Tionghoa. Biasanya di dalam bongpay tersebut terdapat ukiran-ukiran dan ukiran tersebut tidak sembarangan di buat. Selain dari paa ukiran dalam makam bongpay tersebut juga terdapat tulisan-tulisan yang memiliki makna-makna tertentu. Bongpay sendiri terbuat dari bahan batu seperti marmer, granit dan lain sebagainya. Karena bahan batu sendiri juga sangat awet jika diperuntukkan pembuatan untuk makam ataupun bongpay. Selain awet dengan menggunakan bahan batu alam bongpay inipun akan terlihat megah dan indah dipandang. Di perusahaan kami biasanya kami membuat bongpay ini dari bahan marmer ataupun bahan granit. Namun pada artikel ini bongpay yang kami buat yaitu terbuat daribahan granit. Bahan granit yang dipakai ini yaitu berjenis granit black nero. Granit black nero merupakan jenis granit yang memiliki warna hitam kelam. Bahan dari granit black nero ini sangat cocok digunakan untuk kerajinan luar ruangan. Karena bahan jenis granit tahan terhadap segala cuaca di luar ruang.

Terletak di lantai dua dengan nama Mushollah Nurul Hoo. Kecil, namun terlihat rapih dan bersih lengkap dengan toren air di dekatnya. Setelah melewati mushollah, sampailah kita ke tempat yang dituju. Sssst! Ternyata Ada Presiden Indonesia yang Keturunan Cina? Dikurung dengan pagar yang sederhana, terlihat sebuah bong pay atau batu nisan yang cukup terawat baik. Ada tulisan dalam bahasa Belanda di bagian kiri, dan nama dalam aksara Cina di tengah serta tulisan dalam bahasa Cina di bagian kanan. Sssst! Ternyata Ada Presiden Indonesia yang Keturunan Cina? Kita tidak berada di Cina atau Tiongkok, tetapi berada tepat di jantung kota Jakarta. Tepatnya di Jalan Pangeran Jayakarta yang pada zaman Belanda disebut Jacatraweg. Dan di tengah jalur pemisah ini terdapat sebuah papan petunjuk bertuliskan “Situs Makam Kuno Kapiten Souw Beng Kong 1580-1644”, lengkap dengan anak panah berwarna merah bertuliskan Lokasi. Sssst! Ternyata Ada Presiden Indonesia yang Keturunan Cina? Lalu siapakah Souw Beng Kong?

“Dulunya gang ini bernama Gang Souw Beng Kong”, jelas Adep (Sahabat Museum) sambil menunjukan sebuah foto lama pintu gerbang kompleks makam yang ternyata masih sama dengan foto saat ini. Kecuali bagian atasnya disembunyikan dan sekarang bernama Gang Taruna. Di foto itu tertulis dalam huruf Cina dan di bawahnya “Koeboeran Souw Beng Kiong” dengan penjelasan “Tempat masoek ke pekarangan koeboeran. Sssst! Ternyata Ada Presiden Indonesia yang Keturunan Cina? Foto dari awal abad ke 20 itu menjadi semakin jelas ketika dibagikan buku tentang Kapiten Cina SBK yang diterbitkan oleh Yayasan SBK. Buku ini berjudul “Riwayat Kapiten Tionghoa Pertama di Batavia Souw Beng Kong.” Pak Wisnu yang merupakan pengurus Yayasan dan sekaligus masih keturunan SBK mengajak kami masuk ke gang yang sempit dengan rumah-rumah penduduk yang sangat padat. Sssst! Ternyata Ada Presiden Indonesia yang Keturunan Cina? Sebuah petunjuk memerintahkan kita untuk belok kanan, masuk kedalam gang dan sekitar 15 meter kemudian ada sebuah mushollah yang antik.

Ngapain sih jalan-jalan atau ziarah ke kuburan Cina? Berdasarkan tulisan berbahasa Belanda di Bongpay dan kisah di dalam buku, ternyata SBK adalah Kapiten Tiong Hoa pertama di Batavia yang diangkat oleh Gubernur Jendral JP Coen. Beliau dilahirkan pada 1580 di kota kecil Tang Wa atau Tong An di Propinsi Fujian atau Hokian dan kemudian mengembara mengadu nasib ke Nanyang alias Asia Tenggara dan sampai ke Nusantara, tepatnya ke Banten pada 1604. Singkatnya SBK berhasil menjadi pengusaha perkebunan lada yang sukses sekaligus tokoh Tionghoa di Banten. Sssst! Ternyata Ada Presiden Indonesia yang Keturunan Cina? Ketika JP Coen berhasil merebut kota Jayakarta pada 30 Mei 1619, maka kota ini pun harus dibangun karena akan menjadi markas besar VOC. JP Coen teringat akan SBK dan memintanya untuk membangun kota Batavia. Walaupun pada mulanya menolak, akhirnya SBK bersedia pindah ke Batavia dan mengajak ratusan kaum Cina dari Banten untuk pindah ke Batavia dan mulai membangun kota itu.

Sssst! Ternyata Ada Presiden Indonesia yang Keturunan Cina? Beliau kemudian diangkat menjadi Kapiten Cina pertama pada 1621 dibantu sekretarisnya, seorang Cina muslim yang bernama Gouw Cay. Karena kesetiaannya dalam menjalankan tugas Gouw Cay pernah dihadiahkan sebidang tanah di Kampung Bebek (Angke) oleh penguasa Belanda. Dan di atas tanah ini Gouw Cay mendirikan sebuah masjid. Sssst! Ternyata Ada Presiden Indonesia yang Keturunan Cina? SBK menjadi kapiten Cina dalam waktu yang cukup lama selama pemerintahan enam orang gubernur jendral. Pada 1636, beliau meletakkan jabatan atas permohonanan sendiri dan VOC menerima ususlan SBK agar mengangkat Phoa Beng Goan sebagai penggantinya. Beliau inilah yang kemudian membangun Kanal Molenvliet yang kini menjadi pemisah Jalan Gajahmada dan Hayam Wuruk. Sssst! Ternyata Ada Presiden Indonesia yang Keturunan Cina? Setelah itu, Beliau sempat mencoba kembali ke Tiongkok namun akhirnya menetap di Formosa (Taiwan) selama tiga tahun dan akhirnya kembali ke Batavia pada 1639. Pada 8 April 1644, Kapiten SBK wafat meninggalkan seorang istri pribumi yang berasal dari Bali dan istri yang berasal dari Tiongkok. Jenazahnya disemayamkan selama lebih dari satu bulan sambil menunggu pembangunan makam keluarga di kebun kelapa di tanah seluas 20 ribu m2 di lokasi yang sekarang sudah berubah menjadi pemukimam padat ini. Sssst! Ternyata Ada Presiden Indonesia yang Keturunan Cina? Makamnya sendiri sempat hilang dan baru diketemukan kembali pada 1909. Persis seperti gambar pada buku yang dibagikan. Sebuah nisan tua berbentuk bong pay segi empat dengan gundukan tanah bulat di belakangnya. Dan kemudian makam ini direnovasi terakhir kalinya pada 1929 oleh Mayor Cina Khouw Kim An. Demikian menurut tulisan yang ada dalam bong pay yang sekarang.

San Diego Hills adalah sebuah makam mawah dengan banyak fasiltas yang berada di karawang jawa barat. San Diego Hills memiliki banyak tipe pilihan makam mulai dari 1 orang hingga 20 orang. Bahkan salah satu tipe makamnya yaitu Island Estate memungkinkan anda untuk membangun bangunan sesuai dengan yang diinginkan bahkan bangunan yang luas sekalipun agar area pemakaman lebih indah. San Diego Hills dikenal akan fasilitas keluarga yang sangat lengkap bahkan memiliki danau yang populer yaitu Danau Lake Angeles. Danau ini bahkan memiliki luas hingga 8 hektare yang menawarkan pemandangan yang indah bahkan anda bisa melihat beberapa angsa sedang bertengger. Dari beberapa mansion makam, anda juga dapat melihat pemandangan yang indah di sekitar Danau Lake Angeles. Bukan hanya itu saja, San Diego Hills juga memiliki fasilitas keluarga lainnya yaitu kapel, musholla, restoran Italia, taman pemakaman eksklusif, florist & gift shop, kolam renang, padang rumput asri untuk aktivitas outdoor, gedung serbaguna, jogging track, bicycle track, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Next Post Previous Post



Untuk pemesanan produk dengan model, bahan dan ukuran diluar yang sudah kami sediakan silahkan hubungi kami.


ALFINA
Jl. Kanigoro Gg 4 No. 36 Dsn. Blumbang, Ds. Campurdarat, Kec. Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur 66272